PETUNJUK TEKNIS PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN KURIKULUM
2013
DI SEKOLAH DASAR
TAHUN 2014
|
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH DASAR
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan dengan dukungan tim pengembang materi berhasil menyusun Panduan Teknis Pendampingan PelaksanaanKurikulum
2013. Direktorat Pembinaan
Sekolah Dasar pada tahun 2013 telah
melaksanakan pendampingan pelaksanaanKurikulum 2013pada 2.598 sekolah sasaran. Jumlah sasaran ini terus
diperbanyak untuk seluruh sekolah dasar.
Dalam rangka meningkatkan percepatan pelaksanaan
Kurikulum 2013 di seluruhsekolah dasar pada tahun pelajaran 2014/2015,
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan pendampingan pelaksanaan kurikulum 2013 disemua gugus
sekolah dasar. Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian yang
tidak terpisahkan dari kegiatan Pelatihan PelaksanaanKurikulum 2013 secara
keseluruhan.
Panduan ini memberikan acuan umum kepada semua
pihak yang terkait dengan pelaksanaan pendampingan pelaksanaanKurikulum 2013,
agar terarah sesuai dengan konsep dan nilai historis perubahan Kurikulum 2013
yang berlaku secara nasional. Disamping
itu, aktivitas pendampingan untuk masing-masing petugas pendamping, yaitu guru
inti dan
kepala sekolah.
Kepada semua pihak yang telah berperan
aktif dalam penyusunan panduan ini, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan
sumbangan pemikirannya. Semoga panduan ini dapat memberi manfaat positif dalam pelaksanaan bimtek pelaksanaan kurikulum dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan di Indonesia.
Jakarta, Maret2014
Direktur Pembinaan SD
Ibrahim Bafadal
NIP. 19641228198701 1001
DAFTAR
ISI
Halaman
KATA PENGANTAR
|
|
|
DAFTAR ISI
|
|
|
DAFTAR LAMPIRAN
|
|
|
BAB
I
|
PENDAHULUAN
|
|
|
A.
Latar Belakang
|
|
|
B.
Landasan Hukum
|
|
|
C. Tujuan
|
|
|
D. Hasil yang Diharapkan
|
|
|
E.
Sasaran
|
|
BAB II
|
KONSEP
PENDAMPINGAN
|
|
|
A. Pengertian Pendampingan
|
|
|
B. Prinsip Pendampingan
|
|
|
C. Kriteria
Pendampingan
|
|
|
D. Metode dan
Strategi Pendampingan
|
|
BAB III
|
PROGRAM
PENDAMPINGAN
|
|
|
A. Pola Pendampingan
|
|
|
B. Mekanisme Pendamping
|
|
|
C. Penyiapan Materi Pendampingan
|
|
|
D. Pemilihan Calon dan Penentuan Pendamping
|
|
|
E. Bimtek
Pendampingan
|
|
|
F. Pelaksanaan
Pendampingan
|
|
|
G. Peran Para Pihak
|
|
BAB IV
|
JADWAL PENDAMPINGAN
|
|
BAB V
|
PEMBIAYAAN
|
|
BAB VI
|
MONITORING,
EVALUASI, DAN PELAPORAN
|
|
BAB VII
|
PENUTUP
|
|
LAMPIRAN
|
|
|
1. Perangkat
Pendampingan
|
|
|
2. Distribusi
Peserta Bimtek Pendampingan
|
|
|
3. Model Laporan
Pendampingan
|
|
|
4. Model Laporan
Keuangan Penggunaan Dana
Bantuan Sosial
|
|
DAFTAR LAMPIRAN
|
|
Halaman
|
|||
Lampiran 1
|
Perangkat
Pendampingan
|
|
|||
Lampiran 2
|
a.
Struktur Program
Pendampingan Tingkat Provinsi
b.
Struktur Program
Pendampingan Tingkat Kab/Kota
c.
Struktur Program
Pendampingan Tingkat Gugus
d. Format Pendampingan Penguatan Pemahaman Guru
terhadap Buku Pedoman Guru dan Buku Teks Pelajaran
e. Format Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
f.
Format
Pendampingan Pemahaman Guru terhadap Proses Pembelajaran dan Penilaian
g. Format Pendampingan Pelaksanaan
Pembelajaran
h. Format Pendampingan Penilaian Pembelajaran
i. Format Testimoni Guru Sasaran Pendampingan
Kurikulum2013
Distribusi Peserta Pendampingan
|
|
|||
Lampiran
3
|
Model Laporan Pendampingan
|
|
|||
Lampiran 4
|
Model Laporan Keuangan Penggunaan Dana Bansos
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
|
|
|
|||
BAB
I. PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)
tahun 2010-2014 mengamanatkanperlu adanya penataan kembali kurikulum yang diterapkan saat ini
berdasarkan hasil evaluasi
kurikulum yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan
(Puskurbuk). Atas dasar itu,
Pemerintah Republik Indonesia pada bulan Juli tahun pelajaran 2013/2014 mencanangkan dan memberlakukan Kurikulum 2013 secara
terbatas dan bertahap
yang merupakan hasil dari penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Hal ini
dipertegas oleh Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan melalui kebijakannya, bahwa Kurikulum 2013
diharapkan dapat menghasilkan insan indonesia yang produktif, kreatif,
inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang
terintegrasi. PengembanganKurikulum 2013 diharapkan dapat mengatasi
kelemahan-kelemahan yang ada pada kurikulum sebelumnya.
Secara teoretikkeberhasilan suatu kurikulum secara
utuh memerlukan proses panjang, mulai dari kajian dan kristalisasi berbagai
gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, pengembangan desain kurikulum,
penyiapan dan penugasan pendidik dan tenaga kependidikan, penyediaan sarana dan
prasarana, penyiapan tata kelola pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, dan
penilaian.
Pada tahun 2013, pengembangan Kurikulum 2013 sudah memasuki tahap pelaksanaansecara
bertahap dan terbatas pada Kelas I dan
IV sebanyak 2% SD/MI, pada tahun pelajaran 2014/2015 pelaksanaan Kurikulum 2013
akan diberlakukan untuk kelas I, II, IV dan V di seluruh sekolah dasar di
Indonesia.
Tahapan pelaksanaan Kurikulum
2013, adalah: (1) penyediaan buku siswa dan buku guru, (2) Pendidikan
dan Pelatihan Kurikulum 2013,
(3) pendampingan Kurikulum 2013, dan (4) monitoring dan evaluasi pelaksanaan
kurikulum 2013.
Program pendampingan kurikulum 2013 oleh guru dan
kepala SD bertujuanmemberikan penguatan dalam memahami konsep Kurikulum 2013
berikut perubahannya di lapangan kepada peserta serta
untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat pelaksanaan
kurikulum tersebut di sekolah.
Panduan ini diharapkan menjadi acuan bagi tim guru
inti dan kepala sekolah agar pelaksanaankurikulum 2013 berjalan konsisten dan koheren dengan
kebijakan yang ditetapkan.
B.
Landasan
Hukum
Secara
normatif-konstitusional, pengembangan Kurikulum 2013 berlandaskan ketentuan
perundang-undangan sebagai berikut.
a. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional;
b. Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana
Pembangunan Nasional Tahun 2005-2025;
c. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005
Tentang Guru Dan Dosen
d. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun
2008 Tentang Guru
e. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
f. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013
tentang Standar Kompetensi Lulusan
(SKL)Pendidikan Dasar dan Menengah
g. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 65 Tahun
2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
h. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 66 Tahun
2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan;
i. Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah;
j. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan
Dasar Dan Menengah;
k. Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Kurikulum.
l.
Surat
Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan nomor: 420/176/SJ dan nomor: 0258/MPK.A/KR 2014 Hal Implementasi
Kurikulum 2013
m. Surat Edaran Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 156928
/MPK.A/ KR/2013 tentang Pelaksanaan Kurikulum.
C. Tujuan
1.
TujuanUmum
Secara
umum Program Pendampingan PelaksanaanKurikulum
2013adalah untuk memberikan penguatan dalam memahami konsep
Kurikulum 2013 berikut pelaksanaannya bagi guru untuk menjamin terlaksananya pelaksanaanKurikulum 2013 secara efektif
dan efisien untuk seluruh sekolah.
2.
Tujuan
khusus
Secara
khusus program pendampingan
pelaksanaanKurikulum 2013 memiliki
tujuan sebagai berikut.
a.
Memberikan fasilitasi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada satuan
pendidikan;
b.
Memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeling), dan pelatihan personal dan spesifik (coaching) untuk hal-hal spesifik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 secara
tatap muka dan online;
c.
Membantu memberikan solusi kontekstual dalam
menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah
masing-masing.
d.
Membangun budaya mutu sekolah melalui
penerapan kurikulum secara inovatif, kontekstual, dan berkelanjutan.
e.
Meningkatkan
pemahaman guru berkenaan dengan isi buku guru dan siswa, rencana pembelajaran,
proses pembelajaran, penilaian, pengelolaan program muatan lokal, dan kegiatan
ekstrakurikuler, serta interaksi orang tua dalam pembelajaran anak.
f.
Meningkatkan keterampilan guru dalam
menggunakan buku guru dan siswa, menyusun RPP, mengelola pembelajaran,
melakukan penilaian pembelajaran, mengisi buku rapor, serta mengelola interaksi
orang tua dalam pembelajaran.
D. Hasil
yang Diharapkan
Hasil yang
diharapkan dicapai pada akhir program pendampingan adalah :
1. Meningkatnya
pemahaman warga sekolah terhadap Kurikulum 2013mulai dari: rasional, elemen
perubahan kurikulum berdasarkan SKL,KI dan KD dengan berbagai pendekatan sampai
dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013.
2. Terlaksananya
Kurikulum 2013 sesuai dengan filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan
prosedur yang tercakup dalam elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan
KD.
3. Terbangunnya pemahaman terhadap isi dan penggunaan
buku guru dan buku siswa.
4. Tersusunnya
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan karakteristik dan tuntutan
Kurikulum 2013
5. Terlaksananya
budaya pembelajaran dengan pendekatan dan strategi pembelajaran inovatif
sebagaimana dituntut oleh Kurikulum 2013
6. Terlaksananya
pendekatan dan strategi penilaian otentik sebagaimana dipersyaratkan oleh
Kurikulum 2013
7. Terlaksananya pengolahan hasil penilaian pembelajaran dan
pengisian buku rapor.
8. Terlaksananya interaksi orang tua dalam mendampingi
kegiatan pembelajaran.
9. Terlaksananya pengelolaan program muatan lokal dan
kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
E. Sasaran
Sasaran pendampingan
adalah Guru SD Kelas I, II, IV, dan V yang telah mendapatkan
pelatihan Kurikulum 2013. Jumlah seluruh sekolah yang akan didampingi 148.272
SDtersebar di seluruh Indonesia, yang terbagi dalam 21.095 gugus dengan jumlah
guru sebanyak 976.259 orang. Secara rinci disajikan pada tabel
berikut :
No
|
Kelas
Sasaran
|
Guru
Sasaran
|
1.
|
Kelas I
|
279.298 orang
|
2.
|
Kelas II
|
240.827 orang
|
3.
|
Kelas IV
|
229.354
orang
|
4.
|
Kelas V
|
226.780
orang
|
|
Jumlah
|
976.259 orang
|
F.
BAB II. KONSEP PENDAMPINGAN
A.
Pengertian
Pendampingan
Pendampingan merupakan alat
pemberdayaan dan pengembangan personal yang ampuh; merupakan cara yang efektif
dalam menolong seseorang mengembangkan karirnya; merupakan kerjasama antara dua
orang (pendamping dan sasaran) yang biasanya bekerja di bidang yang sama atau
berbagi pengalaman yang mirip; merupakan hubungan kerja yang bermanfaat didasarkan
pada sikap saling percaya dan menghormati.
Yang dimaksud pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah proses pemberian bantuan
penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan oleh Kepala Sekolah dan Guru
Pendampingkepada Guru Sasaran di gugus sekolah (Pusat Kegiatan Guru).
B.
Prinsip
Pendampingan
Pendampingan dilakukan
berdasarkan prinsip sebagai berikut:
1. Kolegial: yaitu hubungan kesejawatan antara pemberi
dan penerima pendampingan. Dengan prinsip ini maka antara pengawas sekolah,
kepala sekolah, dan guru pemberi bantuan
serta pengawas, kepala sekolah, dan guru yang menerima bantuan memiliki
kedudukan setara, yang satu tidak lebih tinggi dibandingkan lainnya.
2. Profesional: yaitu hubungan yang terjadi antara pemberi
pendampingan dan penerima pendampingan adalah untuk peningkatan kemampuan
profesional dan bukan atas dasar hubungan personal.
3. Sikap saling percaya: yaitu pengawas sekolah,
kepala sekolah, dan guru yang menerima pendampingan memiliki sikap percaya
kepada pemberi pendampingan bahwa informasi, saran, dan contoh yang diberikan
adalah yang memang dikehendaki Kurikulum 2013.
4. Berdasarkan kebutuhan: yaitu materi
pendampingan adalah materi
teridentifikasi sebagai aspek yang masih memerlukan penguatan dan
kegiatan penguatan akan memantapkan pengetahuan dan ketrampilan penerima
pendampingan.
5. Berkelanjutan: yaitu hubungan profesional yang terjadi
antara pemberi dan penerima pendampingan berkelanjutan setelah pemberi
pendampingan secara fisik sudah tidak lagi berada di lapangan, dilanjutkan
melalui e-mail, sms, atau alat lain yang tersedia.
C.
Kriteria Pendamping
Kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum
2013 ini dilakukan oleh para pendamping yang pernah mengikuti Pelatihan Pelaksanaan
Kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh badan (BPSDMPK dan PMP). Pendamping
tersebut telah memenuhi syarat untuk menjadi seorang pendamping berupa: (1)
memiliki pemahaman secara jelas mengenai konsep dan jiwa Kurikulum 2013, (2)
memiliki kemampuan menjelaskan persoalan dan berkomunikasi secara baik dengan
pihak yang didampingi, (3) berjiwa membimbing (tidak menggurui) demi
terciptanya rasa nyaman pada pihak yang didampingi, (4) dan dapat memberikan
bimbingan teknis bila diperlukan terkait dengan proses pembelajaran dan
penilaian sesuai dengan Kurikulum 2013.
D. Metode dan Strategi
Pendampingan
Pelaksanaan pendampingan dilakukan melalui metode kunjungan Kepala SD Inti
ke Gugusuntuk melakukan pendampingan terhadap Guru Kelas I, II, IV, V dan PJOK.
Sedangkan strateginya dalam bentuk Focus
Group Discussion (FGD) di gugus atau KKG untuk masing-masing kelas.
BAB III. PROGRAM PENDAMPINGAN
A.
Pola Pendampingan
1.
Pertemuan awal (IN -1) dilakukan di
gugus yang diikuti seluruh kepala SD Imbas dan guru pendamping terpilih untuk
kelas I, II, IV dan V. Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan Agustus
2014, untuk pembekalan bagi calon pendamping di gugus.
2.
Kunjungan ke kelas (ON – 1) di wilayah
gugus masing-masing yang dilakukan oleh Kepala SD Inti dan Kepala SD Imbas yang telah mendapatkan pelatihan pendampingan.
Kegiatan ON dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu bulan.
ON
merupakan kegiatan pendampingan yang dilaksanakan oleh Kepala SD Inti dan Kepala SD Imbas terhadap Guru Sasaran
di SDnya masing-masing secara bergantian.
3.
Pertemuan kedua dan seterusnya (IN)
adalah pertemuan yang dilakukan kepala SD Inti, guru pendamping masing-masing
kelas (I, II, IV, dan V) dan kepala SD Imbas terhadap guru sasaran ( kelas
I,II,VI,V dan Guru PJOK) di gugus, sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
Penjadwalan waktu kegiatan selama 4 bulan, mulai bulan September s.d Desember
2014. Kegiatan pendampingan di gugus dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu bulan
di luar jam efektik belajar ( pada sore hari atau hari Sabtu).
Contoh :
N0
|
BULAN
|
MINGGU I
|
MINGGU II
|
MINGGU III
|
MINGGU IV
|
1
|
Agustus 2014
|
-
|
-
|
-
|
Kelas 1,2,4,5
(IN – 1)
|
1
|
September 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
2
|
Oktober 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
3
|
Nopember 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
4
|
Desember 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
•
Pendampingan guru sasaran oleh guru pendamping diselenggarakan di gugus
SD per-kelas dalam bentuk kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)
•
Pelaksanaan pendampingan dilaksanakan diluar jam efektif pembelajaran,
dapat pada sore hari maupun setiap hari Sabtu
•
Pelaksanaan pendampingan dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam
• Pendampingan dilaksanakan
mulai Bulan Agustus sampai dengan Bulan Desember, setiap kelas mendapat
pendampingan 2 kali dalam satu bulan
•
Setiap kelas melakukan pendampingan di gugus (IN)
pada hari yang berbeda dalam satu minggu
• Guru PJOK sebagai guru
sasaran pendampingan tetap mengikuti kegiatan pendampingan di gugus sesuai
dengan Topik yang terkait muatan PJOK. (Misalnya Topik : RPP, Pelaksanaan
Pembelajaran Tematik, Penilaian, dll)
B. Mekanisme Pendampingan
1. Persiapan
Pendampingan, meliputi :
a. Penyiapan
bahan pendukung seperti silabus, contoh RPP, contoh Project, contoh penilaian, portofolio,
contoh rapor, dll.
b. Instrumen
pendampingan dan petunjuk pengisiannya yang terkait dengan pemahaman guru
sasaran terhadap :
- Buku
teks pelajaran dan buku pedoman guru
- Proses
pembelajaran dan penilaian
- Penyusunan
RPP
- Pelaksanaan
Pembelajaran
- Pelaksanaan
Penilaian
- Interaksi
Guru, Siswa dan Orang tua
c. Profil
Guru Sasaran, yang meliputi data tentang nama guru, pangkat dan golongan,
jenjang guru, dan guru kelas yang diampu serta data lain yang diperlukan.
2. Pelaksanaan
Pendampingan
Pelaksanaan pendampingan dilakukan dalam
bentuk kunjungan, observasi, diskusi klinis, dan perbaikan yang dilakukan guru pendamping
terhadap guru sasaran
3. Pelaporan
Hasil Pendampingan
Laporan hasil kegiatan pendampingan disusun
oleh masing-masing guru pendamping sesuai dengan format (terlampir) dan
disampaikan Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
C.
Penyiapan Materi Pendampingan
Materi pendampingan disusun berdasarkan
kebutuhan guru pendamping maupun guru sasaran dalam pelaksanaan
pendampingan. Materi pendampingan telah
disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. Materi pendampingan tersebut adalah:
Materi
|
Deskripsi
|
Buku
teks pelajaran dan buku pegangan guru
|
1. Pemahaman materi yang
tertuang pada buku
2. Keterkaitan antara
pengetahuan, keterampilan dan sikap
3. Pemahaman terhadap
sumber-sumber belajar lainnya (buku, lingkungan sekitarnya, surat
kabar/majalah/internet yang relevan dengan materi pembelajaran)
4. Keterkaitan antara
sumber-sumber belajar dan alat-alat yang dipergunakan
5. Penekanan pada high order thinking (contoh-contoh)
|
Proses pembelajaran
dan penilaian
|
1. Pembelajaran yang menekankan pada tiga ranah kompetensi
melalui pembelajaran pengetahuan untuk mengasah keterampilan dan membentuk
sikap
2. Pembelajaran berbasis aktivitas
3. Pembelajaran untuk mengasah kreativitas
4. Penilaian proses
5. Penilaian kompetensi (secara utuh)
|
Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
|
1. Identitas mata
pelajaran/tema
2. Perumusan indikator
3. Perumusan tujuan
pembelajaran
4. Pemilihan materi ajar
5. Pemilihan sumber belajar
6. Pemilihan media belajar
7. Pemilihan metode
pembelajaran
8. Pemilihan strategi
pembelajaran
9. Penilaian pembelajaran
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1. Pendekatan pembelajaran
saintifik:
a. Mengajak siswa untuk
mengamati
b. Memotivasi siswa untuk
menanya
c. Memotiviasi siswa untuk
mengumpulkan informasi,
d. Memotivasi siswa untuk
mengasosiasi (menalar)
e. Memotivasi siswa untuk
menyimpulkan/mencoba
|
2. Discovery/inquiry
learning
a. Mengajak siswa untuk
mencari tahu
b. Mengajak siswa untuk
membuktikan
|
|
3. Pembelajaran melalui
projek
a. Menyiapkan projek untuk
dikerjakan siswa
b. Membiasakan siswa bekerja
berkolaborasi
|
|
4. Pembelajaran berbasis
masalah
a. Menyiapkan/memberikan
masalah kepada siswa
b. Membiasakan siswa untuk
mengidentifikasi permasalahan
|
|
Pembelajaran
nonklasikal terutama dengan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler sebagai pelaksanaan
dari pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik dan pembelajaran
melalui projek
|
|
Pelaksanaan
Penilaian dan Pengisian Rapor
|
1. Penilaian oleh guru:
a. Penilaian penguasaan pengetahuan
b. Penilaian produk pembelajaran
c. Penilaian iklim pembelajaran
2. Penilaian oleh siswa
3. Pengolahan nilai dalam laporan pendidikan (rapor)
|
Transisi
KTSP ke Kurikulum 2013
|
Transisi bagi siswa kelas V bagi yang sewaktu kelas IV tidak
menjadi sasaran Kurikulum 2013
|
D.
Pemilihan Calon
Pendamping
Pendamping
adalah Kepala SD
Inti, Kepala SD Imbas, dan Guru Pendamping Terpilih yang bertugas memberikan
pendampingan kepada Guru Sasaran dalam melaksanakan Kurikulum 2013. Kepala SD Inti adalah
Kepala Sekolah yang telah mendapatkan pelatihan Pelaksanaan Kurikulum 2013,
baik sebagai Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, maupun Kepala Sekolah
Sasaran, dan mendapatkan dana Bantuan Sosial di Gugusnya.
Kepala
SD Imbas, adalah Kepala Sekolah yang telah mendapatkan pembekalan dari Kepala
SD Inti di gugusnya masing-masing dalam melaksanakan Kurikulum 2013.
Penentuan
Guru Pendamping Terpilih ditetapkan dengan kriteria sebagai berikut:
1. Telah
dilatih oleh Badan PSDMPK dan PMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Ditetapkan
oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar berdasarkan pertimbangan sebagai
berikut :
a. Hasil
pelatihan Pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diikuti guru pendamping.
b. Rekomendasi
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota berkenaan dengan kemampuan menyampaian materi
pendampingan, memberikan motivasi dan solusi terhadap permasalahan yang ada.
c. Bertugas
di dalam lingkungan gugusnya, seperti contoh berikut ini.
E.
Bimtek Pendampingan
1.
Bimtek Pelatih Guru Pendamping
Bimtek pelatih guru
pendamping dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar terhadap tim
pembina tingkat provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota sejumlah 1700 Orang yang
berasal dari 34 provinsi yang berasal dari unsur Kasi Kurikulum/Kasi SD dan Satgas
Kurikulum tingkat provinsi, dan Tim Pengembang Kurikulum tingkat Kabupaten/Kota.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat)
hari setara dengan 32 jam.
2.
Bimtek Guru Pendamping
Bimtek guru pendamping dilakukan oleh Dinas
Pendidikan Provinsi melalui dana dekonsentrasi sejumlah 21.095 yang berasal dari
34 provinsi dengansasaran510 Kabupaten/Kota yang diikuti oleh Kepala SD Inti
penerima Bansos Pendampingan di gugus.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari
setara dengan 44 jam, sekaligus dilaksanakan asistensi penggunaan dana bantuan
sosial dan penandatanganan MOU.
F.
Pelaksanaan Pendampingan
Pelaksanaan
pendampingan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, dilakukan di gugus dan satuan
pendidikan. Pendampingan di tingkat gugus dilaksanakan oleh Kepala SD Inti,Guru
Pendamping dan Kepala SD Imbas.
Pada
saat pendampingan (IN)kegiatan dilakukan selama 3 jam @ 60 menit, dengan
skenario sebagai berikut :
NO
|
PERTEMUAN
|
AGENDA
|
WAKTU
|
1
|
I
|
Paparan
dari masing-masing Guru tentang pengalaman praktis dan kendala yang dihadapi
dalam pelaksanaan pembelajaran
|
±1,5
jam
|
Diskusi
tentang pengalaman dan kendala yang telah dipaparkan (dipimpin oleh
pendamping)
|
±1jam
|
||
Penyusunan
kesimpulan dan Rencana Tindak Lanjut 1
|
±0,5
jam
|
||
2
|
II
|
Paparan
dari masing-masing Guru tentang pengalaman praktis dan kendala yang dihadapi
dalam pelaksanaan pembelajaran RTL 1
|
±1,5
jam
|
Diskusi
tentang pengalaman dan kendala yang telah dipaparkan (dipimpin oleh
pendamping)
|
±1jam
|
||
Penyusunan
kesimpulan dan Rencana Tindak Lanjut 2
|
±0,5
jam
|
||
3
|
III s.d VIII
|
Dengan
agenda seperti diatas
|
|
Keterangan:
|
Materi yang Dibahas
Materi
yang dibahas selama pelaksanaan pendampingan diantaranya:
1.
Kendala yang ditemui guru sasaran dimasing-masing sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013.
2.
Pembahasan
tema dan sub tema serta kegiatan pembelajarannya.
3.
Penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
4.
Penerapan
Pembelajaran Saintifik, Discovery/Inqiry Learning, dan Pembelajaran Berbasis
Proyek.
5.
Penerapan
penilaian otentik serta pengolahan hasil penilaian dan pengisian rapor
6. Memahami Buku guru dan
buku siswa
7. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
8. Melakukan
interaksi dengan orangtua dalam mendampingi kegiatan
belajar anak
9. Pembelajaran
Transisi KTSP ke Kurikulum 21013
10. Pelaksanaan
program muatan lokal
11. Pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler.
Pada saat pendampingan (ON)kepala SD Imbasmendampingi
ke Guru Sasaran secara bergantian sesuai dengan kelasnya di SD dimana kepala
sekolah Imbas berada.
Kegiatan pendampingan melalui tahapan sebagai berikut
:
1.
Pertemuan awal meliputi
pengkodisian, penjelasan tujuan, materi pendampingan, agenda kegiatan, serta
informasi lain yang dibutuhkan bagi kelancaran pelaksanaan pendampingan.
2.
Pengamatan Lapangan,
meliputi : pengamatan terhadap RPP, media dan alat bantu pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian.
3.
Pembahasan hasil
pengamatan, dilaksanakan melalui diskusi dan perumusan langkah perbaikan.
4.
Perbaikan, yaitu kegiatan
tindak lanjut dari hasil diskusi pada tahap sebelumnya.
Contoh ON: Bulan
September 2014
N0
|
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
1
|
Minggu
1
|
Kelas
1
|
Kelas
2
|
Diskusi
|
Kelas
4
|
Kelas
5
|
Diskusi
|
1
|
Minggu 2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
MInggu
3
|
Kelas
1
|
Kelas
2
|
Diskusi
|
Kelas
4
|
Kelas
5
|
Diskusi
|
3
|
Minggu 4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
G.
Peran Para Pihak
Sejalan
dengan mekanisme pendampingan Kurikulum 2013 seperti tersebut di atas, maka
peran dari pihak-pihak yang terkait dengan program pendampingan adalah sebagai berikut:
Satuan Kerja
|
Tugas
|
Direktorat Pembinaan
Sekolah Dasar
|
·
Menyusun
disain pelaksanaan pendampingan
·
Menetapkan
sasaran pendampingan
·
Merumuskan
kriteria calon pendamping
·
Koordinasi
dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait Program Pendampingan.
·
Menetapkan
Pendamping (Kepala SD Inti dan Guru Pendamping)
·
Menyusun
panduan teknis pendampingan
·
Menyiapkan
materi/bahan pendampingan (bahan cetak, CD, serta perangkat pendampingan
lainnya)
·
Menyelenggarakan
Workshop Bimtek Pendampingan Tingkat Nasional dan Provinsi
·
Melakukan
monitoring pelaksanaan pendampingan
·
Menyusun
laporan pelaksanaan pendampingan tingkat nasional.
|
Dinas Pendidikan Provinsi
|
·
Mensosialisasikan
program pendampingan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
·
Mengajukan
calon tim pendamping ke Direktorat Pembinaan SD
·
Melaksanakan
Workshop Koordinasi Pendampingan Tim Pendamping Kabupaten/Kota di SD Inti.
·
Menyalurkan
Dana Bantuan Sosial Pendampingan ke Gugus.
·
Membuat
laporan pelaksanaan pendampingan yang akan dilaporkan ke Direktorat Pembinaan
SD
|
Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota
|
·
Mensosialisasikan
teknis pendampingan ke gugus
·
Mengajukan
calon tim pendamping ke Dinas Pendidikan Provinsi.
·
Memberikan
pertimbangan penetapan tim pendamping.
·
Menyiapkan
dana mandiri bagi gugus yang belum mendapatkan dana pendampingan dari Dinas
Pendidikan Provinsi.
·
Membuat
laporan pelaksanaan pendampingan yang akan dilaporkan ke Dinas Pendidikan
Provinsi.
|
Gugus/Kepala SD Inti
|
·
Mengikuti
Workshop Koordinasi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi.
·
Menerima
Dana Bantuan Sosial Pendampingan
·
Memberikan
pembekalan kepada Kepala SD Imbas dan Guru Pendamping.
·
Menyusun
jadwal kegiatan pendampingan.
·
Melaksanakan
pendampingan di gugus.
·
Membuat
laporan pelaksanaan pendampingan.
|
|
Program
Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 dilaksanakan mulai bulan April sampai
Desember 2014, dengan rincian sebagai berikut :
BAB V. PEMBIAYAAN
Pembiayaan program pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013
di Sekolah Dasar, bersumber dari APBN Pusat, Dana Dekonsentrasi, dan Dana
Bantuan Sosial untuk Gugus SD. Secara rinci pengalokasian biayaprogram
pendampingan disajikan pada table berikut ini.
BAB
VI. MONITORING, EVALUASI, DAN PELAPORAN
A. Monitoring
dan Evaluasi
1.
Pengertian
Monitoring
dan Evaluasi pendampingan pelaksanaan
kurikulum 2013 merupakan serangkaian kegiatan menilai, membandingkan,
dan memutuskan himpunan data yang
diperoleh secara otentik pada saat
pendampingan, oleh petugas Monev terhadap sasaran,yaitu kepala SD Inti, Guru Pendamping, dan Guru
Sasaran.
2.
Strategi
Monitoring
dan evaluasi pelaksanaan
kurikulum 2013 dilakukan dengan strategi sebagai berikut:
a. Menggali
berbagai aspek yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013, yaitu: buku, sistem dan
dampak pelatihan, proses pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan
saintifik di kelas, proses penilaian otentik, manajemen pelaksanaan kurikulum,
dan layanan kesiswaan.
b. Monitoring
dan evaluasi ini diawali dengan pelatihan bagi calon petugas monev agar data
dan informasi yang diperoleh lebih tepat, akurat, dan obyektif.
c. Menggunakan
instrumen dalam bentuk hardcopy.
Instrumen diisi dan ditandatangani petugas, diketahui oleh Kepala Sekolah dan
dibubuhi stempel sekolah. Kemudian dipindahkan ke dalam bentuk instrumen
elektronik, di mana petugas monev mengisi langsung data dan informasi yang
diperoleh ke dalam format aplikasi digital
yang telah disiapkan, sehingga pelaksanaannya lebih efisien dan efektif serta
hasilnya dapat lebih cepat diketahui.
d. Responden
monev ini meliputi semua unsur yang terlibat
dengan pelaksanaan pendampingan kurikulum 2013 yaitu pengawas sekolah, kepala
sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah.
B. Pelaporan
1. Laporan
Guru Pendamping
Setiapguru
pendamping wajib menyampaikan laporan kegiatan pendampingan pada setiap tahapan
kegiatan baikIN mapun ON pada setiap satuan pendidikan. Substansi
laporan kegiatan IN maupun ON adalah hasil pembahasan permasalahan
dan solusinya meliputi pemahaman terhadap buku siswa dan buku guru, penyusunan
RPP, proses pembelajaran dan penilaian, interaksi antara guru, siswa, dan
orangtua. Format sebagaimana terlampir.Laporan tersebut disampaikan secara hardcopy kepada kepada Dinas
Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi setempat. Sedangkan softcopy ( online) langsung disampaikan ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
website……………………………………………………….. Laporan disampaikan selambat-lambatnya satu
minggu setelah setiap tahapan
Setiap gugus melaporkan kegiatan
pendampingan baik programnya maupun penggunaan dana bantuan sosial. Laporan
tersebut disampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi sebagaimana terlampir.
Laporan disampaikan
selambat-lambatnya satu minggu setelah program pendampingan berakhir.
BAB
VII. PENUTUP
Petunjuk TeknisPendampinganKurikulum 2013 di sekolah
dasar ini,merupakan
panduan bagi para pendamping serta pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Pemahaman
pendamping terhadap petunjuk teknis ini, akan memperlancar pelaksanaan
pendampingan di gugusnya masing-masing. Disamping pemahaman terhadap petunjuk
teknis, pemahaman pendamping terhadap materi, serta keterampilan dalam
memberikan pendampingan, sangat menentukan keberhasilan program pendampingan
ini.
Akhirnya
kita semua berharap agar panduan ini dapat memberikan manfaat yang luas dan
berkesinambungan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 khususnya di sekolah dasar.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 : Perangkat Pendampingan
a. Struktur
Program
Workshop
Bimtek Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Tingkat Pusat
NO
|
MATERI
|
JUMLAH JAM
|
A.
|
UMUM
|
|
1.
|
Kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
|
2 JP
|
B.
|
POKOK
|
|
1.
|
Elemen Perubahan Kurikulum
2013
|
2 JP
|
2.
|
Manajemen Perubahan dalam
Implementasi Kurikulum 2013
|
2 JP
|
3.
|
Strategi Pelaksanaan
Pendampingan Kurikum 2013 di SD
|
2 JP
|
4.
|
Memahami Buku Guru dan Buku Siswa
·
Analisis dan
Pengembangan Buku Guru
·
Analisis dan
Pengembangan Buku Siswa
|
3 JP
|
5.
|
Perencanaan dan
Pelaksanaan Pembelajaran
·
Membimbing
guru menyusun RPP
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran saintifik
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran discovery/inquiry
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran berbasis masalah
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran melalui proyek
|
4 JP
|
6.
|
Penilaian dan Tindak
Lanjut Hasil Penilaian
·
Membimbing
guru melaksanakan penilaian pembelajaran di SD
·
Membimbing
guru merancang dan melaksanakan pembelajaran remedial dan pengayaan
·
Membimbing
guru mengisi buku laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta didik
|
5 JP
|
7.
|
Muatan Lokal, Kegiatan Ektrakurikuler, dan
Kerjasama Orang Tua
·
Membimbing
guru mengembangkan muatan local
·
Membimbing
guru merencanakan dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler
·
Membimbing
guru merencanakan dan mengembangkan interaksi orang tua dalam pembelajaran.
|
3 JP
|
8.
|
Laporan pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 secara online
·
Simulasi
penyusunan laporan online (2 JP)
·
Praktik
penyusunan laporan online (3 (JP)
|
5 JP
|
C.
|
PENUNJANG
|
|
1.
|
Evaluasi (pre dan pos- test)
|
2 JP
|
2.
|
Penyusunan action plan
|
1 JP
|
|
Jumlah
|
30JP
|
b. Struktur Program
Workshop Bimtek Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum
2013 Sekolah Dasar
Tingkat Provinsi
NO
|
MATA DIKLAT
|
JUMLAH JAM
|
|
A.
|
UMUM
|
|
|
1.
|
Kebijakan Direktorat Jenderal Dikdas
|
2 JP
|
|
B.
|
POKOK
|
|
|
1.
|
Konsep Kurikulum 2013
|
2 JP
|
|
2.
|
Strategi Pelaksanaan
Pendampingan Kurikum 2013 di SD
|
2 JP
|
|
3.
|
Memahami Buku Guru dan Siswa
·
Analisis dan
Pengembangan Buku Guru
·
Analisis dan
Pengembangan Buku Siswa
|
3 JP
|
|
4.
|
Perencanaan
dan Pelaksanaan Pembelajaran
·
RPP
·
Pembelajaran
saintifik
·
Pembelajaran
discovery/inquiry
·
Pembelajaran
berbasis masalah
·
Pembelajaran
melalui proyek
|
4 JP
|
|
5.
|
Penilaian dan Tindak
Lanjut Hasil Penilaian
·
Penilaian
pembelajaran di SD
·
Merancang dan
melaksanakan pembelajaran remedial dan pengayaan
·
Mengisi buku
laporan pendidikan
|
4 JP
|
|
6.
|
Muatan Lokal, Kegiatan Ektrakurikuler, dan
Kerjasama Orang Tua
·
Mengembangkan
muatan local
·
Merencanakan
dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler
·
Merencanakan
dan mengembangkan interaksi orang tua dalam pembelajaran.
|
3 JP
|
|
7.
|
Laporan pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 secara online
·
Simulasi
penyusunan laporan online
·
Praktik
penyusunan laporan online
|
3 JP
|
|
8.
|
PENUNJANG
|
|
|
1.
|
Evaluasi (pre dan pos- test)
|
2 JP
|
|
2.
|
Pemesanan, Pembelian, dan Pengiriman Buku Siswa
dan Buku Guru Kurikulum 2013
|
2 JP
|
|
3.
|
Penyusunan action plan
|
1 JP
|
|
|
Jumlah
|
28 JP
|
c.
Struktur Program
Workshop
Bimtek Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Tingkat
Gugus
NO
|
MATERI
|
JUMLAH JAM
|
A.
|
UMUM
|
|
1.
|
Kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
|
2 JP
|
B.
|
POKOK
|
|
1.
|
Elemen Perubahan Kurikulum
2013
|
2 JP
|
2.
|
Manajemen Perubahan dalam
Implementasi Kurikulum 2013
|
2 JP
|
3.
|
Strategi Pelaksanaan
Pendampingan Kurikum 2013 di Gugus
|
2 JP
|
4.
|
Memahami Buku Guru dan Buku Siswa
·
Analisis dan
Pengembangan Buku Guru
·
Analisis dan
Pengembangan Buku Siswa
|
2 JP
|
5.
|
Perencanaan dan
Pelaksanaan Pembelajaran
·
Membimbing
guru menyusun RPP
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran saintifik
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran discovery/inquiry
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran berbasis masalah
·
Membimbing
guru melaksanakan pembelajaran melalui proyek
|
4 JP
|
6.
|
Penilaian dan Tindak
Lanjut Hasil Penilaian
·
Membimbing
guru melaksanakan penilaian pembelajaran di SD
·
Membimbing
guru merancang dan melaksanakan pembelajaran remedial dan pengayaan
·
Membimbing
guru mengisi buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik
|
5 JP
|
7.
|
Muatan Lokal, Kegiatan Ektrakurikuler, dan
Kerjasama Orang Tua
·
Membimbing
guru mengembangkan muatan lokal
·
Membimbing
guru merencanakan dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler
·
Membimbing
guru merencanakan dan mengembangkan interaksi orang tua dalam pembelajaran.
|
3 JP
|
8.
|
Laporan pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 secara online
·
Simulasi
penyusunan laporan online (2 JP)
·
Praktik
penyusunan laporan online (1(JP)
|
3 JP
|
C.
|
PENUNJANG
|
|
1.
|
Kepemimpinan Pembelajaran
|
2 JP
|
2.
|
Evaluasi (pre dan pos- test)
|
2 JP
|
3
|
Penyusunan action plan
|
1 JP
|
|
Jumlah
|
29 JP
|
d.
STRUKTUR PROGRAM
Asistensi
Bantuan Sosial Pendampingan Kurikulum 2013 Di SD
NO
|
MATERI
|
JUMLAH JAM
|
|
|
|
1
|
Penggunaan Dana Bansos Pendampingan Pelaksanaan
Kurikulum 2013
|
2 JP
|
2
|
Pertanggungjawaban dan
Pelaporan Dana Bansos
|
2 JP
|
3
|
Perbaikan Proposal
|
3 JP
|
4
|
Penandatanganan MOU
|
3 JP
|
|
Jumlah
|
10
JP
|
Lampiran 2 :
DISTRIBUSIPESERTA BIMTEK PENDAMPINGAN
DI TINGKAT GUGUS
No
|
Provinsi
|
Jumlah
Gugus Sasaran/Kepala SD Inti
Peserta
Bimtek
|
1
|
DKI JAKARTA
|
439
|
2
|
JAWA BARAT
|
2,836
|
3
|
JAWA TENGAH
|
2,773
|
4
|
D.I. YOGYAKARTA
|
265
|
5
|
JAWA TIMUR
|
2,815
|
6
|
ACEH
|
506
|
7
|
SUMATERA UTARA
|
1,347
|
8
|
SUMATERA BARAT
|
583
|
9
|
R I A U
|
489
|
10
|
J A M B I
|
338
|
11
|
SUMATERA SELATAN
|
655
|
12
|
LAMPUNG
|
662
|
13
|
KALIMANTAN BARAT
|
598
|
14
|
KALIMANTAN TENGAH
|
361
|
15
|
KALIMANTAN SELATAN
|
413
|
16
|
KALIMANTAN TIMUR
|
320
|
17
|
SULAWESI UTARA
|
316
|
18
|
SULAWESI TENGAH
|
397
|
19
|
SULAWESI SELATAN
|
900
|
20
|
SULAWESI TENGGARA
|
325
|
21
|
MALUKU
|
248
|
22
|
BALI
|
346
|
23
|
NUSA TENGGARA BARAT
|
442
|
24
|
NUSA TENGGARA TIMUR
|
681
|
25
|
PAPUA
|
332
|
26
|
BENGKULU
|
190
|
27
|
MALUKU UTARA
|
180
|
28
|
BANTEN
|
653
|
29
|
BANGKA BELITUNG
|
111
|
30
|
GORONTALO
|
129
|
31
|
KEPULAUAN RIAU
|
121
|
32
|
PAPUA BARAT
|
137
|
33
|
SULAWESI BARAT
|
187
|
|
Jumlah Keseluruhan
|
21,095
|
Lampiran 3
: Model Pelaporan Pendampingan
Laporan Pendampinganoleh Guru Pendamping
1.
Provinsi :
…………………………..
2.
Kab/Kota :
…………………………..
3.
Nama
Gugus : ………………………….
4.
Nama Pendamping
|
Waktu Dan Topik Pendampingan
|
1.
…………………………….
|
Waktu : ……………………………..
|
2.
…………………………….
|
Topik : ……………………………..
|
5.
Nama
Guru Sasaran
Nama Lengkap
|
Asal
Sekolah
|
1………………………………………………
|
...……………………………………………
|
2 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
3 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
4 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
5 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
Dst. 16 ………………………………………
|
...……………………………………………
|
6.
Uraian
Contoh :
No
|
Topik : Memahami Buku Guru
|
1
|
Materi Pendampingan :
Bertolak pada permasalahan yang dihadapi
guru sasaran di kelasnya masing-masing
(Kendala yang dihadapi dalam memahami
buku guru, yaitu tentang:
a. ………………………….
b.
…………………………
c.
…………………………dst
|
2
|
Hasil Kesepakatan
( Setelah berdiskusi, solusi / kesepakatan untuk perbaikan)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
3
|
Rekomendasi Tindak Lanjut di Kelas
(Apa yang telah dilakukan guru sasaran
setelah kegiatan pendampingan pada kelasnya masing-masing)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
4
|
Masalah lain di luar topic yang sempat muncul pada saat diskusi?
-
(Masalah
di luar topic yang sempat muncul dalam
diskusi baik yang sudah ditentukan solusinya maupun belum)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
5
|
Topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
Pendamping 1 Pendamping 2,
(………………………………). (……………………………)
Lampiran
4 : Model Pelaporan Keuangan Penggunaan Dana Bansos
LAPORAN
PELAKSANAAN
PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
OLEH
KEPALA SD INTI (GUGUS)
Nama Gugus :
………………………………………………………………………………..
Nama dan Alamat SD Inti :
………………………………………………………………………………..
Nama Kepala SD Inti : …………………………………………………………………………………
Waktu Pelaksanaan :
Bulan………………………….. s.d bulan ……………………2014
===================================================
1. Penjelasan riingkas tentang
pelaksanaan pendampingan kurikulum 2013
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
2. Kendala yang dihadapi
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
3. Solusi Perbaikan
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
4. Kesimpulan dan Saran
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Penggunaan
Dana
|
||||||
No.
|
Jenis
Pengeluaran
|
Volume/
Satuan
|
Tanggal
|
Satuan
bIaya (Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
Bukti Fisik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
Terbilang:(………………………………………………..................RUPIAH)
………………,………………….........20…
Kepala Sekolah SD Inti,
………………………………..
Lampiran :
1. Nama Peserta Pendampingan
2.
Jadwal Kegiatan
Pendampingan
3.
Biodata Nara Sumber/Fasilitator dan
Peserta Pendampingan
4.
Hasil dari Testimoni Peserta Pendampingan
5.
Rekaman Dokumen Lainnya
Ketentuan Lain
a.
Ukuran
kertas HVS A4
b.
Jenis
huruf Arial 11 dengan spasi 1,5
c.
Laporan
diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi
0 Komentar